# Tata cara penggunaan email PNS Kota Magelang dengan SOGo Groupware

# Login

  1. Masuk ke halaman website https://mail.magelangkota.go.id/SOGo/ (opens new window) dashboard-sogo

  2. Sebelum login, bahasa yang akan digunakan dapat diganti terlebih dahulu (tidak wajib) dashboard-sogo dashboard-sogo

  3. Masukkan Nama Pengguna dan Sandi, lalu tekan tombol masuk (tanda panah) login-sogo

    Jika menggunakan bahasa inggris, masukkan Username dan Password. Kemudian tekan tombol login (tanda panah)

    login-sogo

  4. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini masuk-sogo

# Mengganti Password

  1. Pilih logo Preferences atau Preferensi

    setting-pw setting-pw2

  2. Pilih General lalu Password

    pw

    Jika menggunakan Bahasa Indonesia, pilih Umum lalu Kata Sandi pw

  3. Masukkan password lama, dan password baru (minimal 8 karakter, harus berisi huruf kapital, simbol, dan angka). Setelah itu tekan Change atau Ubah

  • Dalam Bahasa Indonesia pw-lama

  • Dalam Bahasa Inggris

    pw-lama

# Mengganti Bahasa

# Bahasa Inggris menjadi Bahasa Indonesia

  1. Pilih Preferences

    setting-bhs

  2. Pilih General lalu General lagi bahasa

  3. Pada bagian Language pilih Bahasa Indonesia bahasa bahasa

  4. Maka akan muncul pop up, warning untuk menyimpan preferensi dan memuat ulang halaman. Pilih YES

    bahasa

# Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Inggris

  1. Pilih Preferensi

    setting-bhs

  2. Pilih Umum lalu Umum lagi bahasa

  3. Pada bagian Bahasa pilih English bahasa bahasa

  4. Maka akan muncul pop up, peringatan untuk menyimpan preferensi dan memuat ulang halaman. Pilih YA

    bahasa

# Membaca Email

  1. Apabila tampilan Sogo belum seperti gambar dibawah ini sogo

    Silahkan klik ikon ✉️ yang ada di sisi kanan atas

    sogo

  2. Klik dua kali pada email yang ingin dibaca inbox

    Akan muncul sebuah tampilan seperti gambar berikut inbox

    Keterangan:

    Untuk menandai email sebagai pesan berbintang klik ikon berikut ini inbox

    Untuk membalas email klik ikon berikut ini inbox

    Untuk meneruskan email untuk dikirimkan kembali, klik ikon berikut ini inbox

    Untuk menghapus email klik ikon berikut ini inbox

# Mengirim Email

  1. Klik ikon dipojok kanan bawah seperti gambar yang berada didalam kotak berwarna merah kirim

  2. Klik ikon seperti yang ditunjuk oleh panah berwarna merah kirim

    Akan muncul sebuah tampilan seperti gambar berikut kirim

  3. Tulis alamat email yang dituju (pada kolom To) kirim

  4. Tulis subject atau judul email pada Subject (Tidak Wajib) kirim

  5. Setelah itu tulislah pesan yang ingin dikriim pada bagian dibawah ini kirim

  6. Jika ingin melampirkan file atau gambar maka pilih ikon dipojok kanan bawah seperti gambar berikut ini

    kirim

  7. Pilih dokumen yang akan dikirim, pilih open atau tekan dua kali pada filenya. kirim

  8. Klik ikon seperti pada kotak berwarna merah untuk mengirimkan email kirim

  9. Jika email sudah terkirim, maka akan ada di dalam menu Sent kirim

# Menambah Kontak

Untuk masuk ke menu kontak, klik ikon seperti yang ditunjuk oleh panah contact

Akan muncul tampilan seperti gambar berikut contact

Global Address Book berisi alamat email seluruh PNS Kota Magelang yang sudah terdaftar.

# Address Book Baru

  1. Untuk menambah grup baru, klik tanda + disebelah kanan tulisan Address Books

  2. Tuliskan nama address book baru pada jendela yang muncul address

  3. Klik Ok

Jika address book baru berhasil dibuat, maka hasilnya akan seperti gambar berikut address

  1. Apabila ingin mengganti nama address book, klik tanda titik tiga seperti gambar dibawah ini

address

  1. Pilih Rename kemudian ganti nama address book

address

Penggantian nama address book juga bisa dilakukan dengan klik dua kali pada nama address book

  1. Jika ingin menghapus address book, ikuti langkah 4 lalu pilih Delete address)

# Kontak Baru

  1. Untuk menambah kontak email baru klik ikon + yang ada pada sisi kanan bawah kontak

  2. Klik ikon yang ada didalam kotak merah

    kontak

  3. Setelah muncul tampilan seperti gambar berikut, isilah formulir sesuai dengan data kontak yang ingin ditambahkan.

    kontak

  4. Setelah pengisian data selesai, klik tombol ikon simpan yang ada di kanan atas

kontak

# Menambahkan Kegiatan/ Event Pada Kalender

  1. Pilih pada icon Kalender

    kalender

  2. Pilih Buat sebuah acara baru atau Create a new event

    kalender kalender

  3. Isi data yang ada di formulir seperti Judul acara, Lokasi, Deskripsi, dan lain-lain. Jika ingin mendapatkan notifikasi, centang pada kotak berwarna merah. kalender

  4. Masukkan tanggal dan jam pelaksanaan kegiatan. Jika ingin mendapatkan reminder maka centang pada check box Reminder.

    kalender

  5. Setelah itu dapat memilih untuk Show an alert atau Send an email. Lalu tekan save untuk menyimpan.

    kalender

  6. Hasilnya muncul seperti dibawah ini kalender

# Menambahkan Tugas/ Task Pada Kalender

  1. Pilih pada icon Kalender

    kalender

  2. Pilih Buat sebuah tugas baru atau Create a new task

    kalender kalender

  3. Isi data yang ada di formulir. kalender

  4. Setelah itu dapat memilih untuk Show an alert atau Send an email. Lalu tekan Save untuk menyimpan.

    kalender

  5. Hasilnya muncul seperti dibawah ini

    kalender

# Logout

Untuk keluar dari halaman website https://mail.magelangkota.go.id/SOGo (opens new window) klik tombol Disconnect atau Putus Sambungan

logout

# Lupa Password

WARNING

Jika anda lupa password, silakan bawa identitas diri anda ke Diskominsta untuk reset password email anda.