portal_pns/sogo/index.md

131 lines
5.0 KiB
Markdown

# Tata cara penggunaan email PNS Kota Magelang dengan SOGo Groupware
### Login
1. Masuk ke halaman website https://mail.magelangkota.go.id/SOGo/
2. Sebelum login, bahasa yang akan digunakan dapat diganti terlebih dahulu (tidak wajib)
3. Masukkan **Nama Pengguna** dan **Sandi**, lalu tekan tombol masuk (**tanda panah**)
Jika menggunakan bahasa inggris, masukkan **Username** dan **Password**. Kemudian tekan tombol login (**tanda panah**)
4. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini
## Mengganti Password
1. Pilih logo **Preferences** atau **Preferensi**
2. Pilih **General** lalu **Password**
Jika menggunakan Bahasa Indonesia, pilih Umum lalu Kata Sandi
3. Masukkan password lama, dan password baru (**minimal 8 karakter, harus berisi huruf kapital, simbol, dan angka**). Setelah itu tekan **Change** atau **Ubah**
* Dalam Bahasa Indonesia
* Dalam Bahasa Inggris
## Mengganti Bahasa
### Bahasa Inggris menjadi Bahasa Indonesia
1. Pilih **Preferences**
2. Pilih **General** lalu **General** lagi
3. Pada bagian **Language** pilih **Bahasa Indonesia**
4. Maka akan muncul pop up, warning untuk menyimpan preferensi dan memuat ulang halaman. Pilih **YES**
### Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Inggris
1. Pilih **Preferensi**
2. Pilih **Umum** lalu **Umum** lagi
3. Pada bagian **Bahasa** pilih **English**
4. Maka akan muncul pop up, peringatan untuk menyimpan preferensi dan memuat ulang halaman. Pilih **YA**
## Membaca Email
### Bahasa Indonesia
1. Apabila tampilan Sogo belum seperti gambar dibawah ini
Silahkan klik ikon ✉️ yang ada di sisi kanan atas
2. Klik dua kali pada email yang ingin dibaca
Klik dua kali pada email yang ingin dibaca
Keterangan:
Untuk menandai email sebagai pesan berbintang klik ikon berikut ini
Untuk membalas email klik ikon berikut ini
Untuk meneruskan email untuk dikirimkan kembali, klik ikon berikut ini
Untuk menghapus email klik ikon berikut ini
## Mengirim Email
### Bahasa Indonesia
1. Klik ikon dipojok kanan bawah seperti gambar yang berada didalam kotak berwarna merah
2. Klik ikon seperti yang ditunjuk oleh panah berwarna merah
Akan muncul sebuah tampilan seperti gambar berikut
3. Tulis alamat email yang dituju (pada kolom **To**)
4. Tulis subject atau judul email pada **Subject** (Tidak Wajib)
5. Setelah itu tulislah pesan yang ingin dikriim pada bagian dibawah ini
6. Jika ingin melampirkan file atau gambar maka pilih ikon dipojok kanan bawah seperti gambar berikut ini
7. Pilih dokumen yang akan dikirim, pilih open atau tekan dua kali pada filenya.
8. Klik ikon seperti pada kotak berwarna merah untuk mengirimkan email
9. Jika email sudah terkirim, maka akan ada di dalam menu **Sent**
## Menambah Kontak
1. Untuk masuk ke menu kontak, klik ikon seperti yang ditunjuk oleh panah
Akan muncul tampilan seperti gambar berikut
**Global Address Book** berisi alamat email seluruh PNS Kota Magelang yang sudah terdaftar.
## Address Book Baru
1. Untuk menambah grup baru, klik tanda + disebelah kanan tulisan **Address Books**
2. Tuliskan nama address book baru pada jendela yang muncul
3. Klik **Ok**
Jika address book baru berhasil dibuat, maka hasilnya akan seperti gambar berikut
4. Apabila ingin mengganti nama address book, klik tanda titik tiga seperti gambar dibawah ini
5. Pilih **Rename** kemudian ganti nama address book
Penggantian nama address book juga bisa dilakukan dengan klik dua kali pada nama address book
6. Jika ingin menghapus address book, ikuti langkah 4 lalu pilih **Delete**
## Kontak Baru
1. Untuk menambah kontak email baru klik ikon + yang ada pada sisi kanan bawah
2. Klik ikon yang ada didalam kotak merah
3. Setelah muncul tampilan seperti gambar berikut, isilah formulir sesuai dengan data kontak yang ingin ditambahkan.
4. Setelah pengisian data selesai, klik tombol ikon simpan yang ada di kanan atas
## Menu Kalender
### Menambahkan Kegiatan/ Event Pada Kalender
1. Pilih pada icon **Kalender**
2. Pilih **Buat sebuah acara baru** atau **Create a new event**
3. Isi data yang ada di formulir seperti **Judul** acara, **Lokasi**, **Deskripsi**, dan lain-lain. Jika ingin mendapatkan notifikasi, centang pada kotak berwarna merah.
4. Masukkan tanggal dan jam pelaksanaan kegiatan. Jika ingin mendapatkan reminder maka centang pada check box **Reminder**.
5. Setelah itu dapat memilih untuk **Show an alert** atau **Send an email**. Lalu tekan save untuk menyimpan.
6. Hasilnya muncul seperti dibawah ini kalender
### Menambahkan Tugas/ Task Pada Kalender
1. Pilih pada icon **Kalender**
2. Pilih **Buat sebuah acara baru** atau **Create a new event**
3. Isi data yang ada di formulir.
4. Setelah itu dapat memilih untuk **Show an alert** atau **Send an email**. Lalu tekan save untuk menyimpan.
5. Hasilnya muncul seperti dibawah ini kalender
## Logout
Untuk keluar dari halaman website **https://mail.magelangkota.go.id/SOGo** klik tombol **Disconnect ** atau **Putus Sambungan**
## Lupa Password
::: danger WARNING
Jika anda lupa password, silakan bawa identitas diri anda ke Diskominsta untuk reset password email anda.
:::