131 lines
5.0 KiB
Markdown
131 lines
5.0 KiB
Markdown
# Tata cara penggunaan email PNS Kota Magelang dengan SOGo Groupware
|
|
|
|
### Login
|
|
|
|
1. Masuk ke halaman website https://mail.magelangkota.go.id/SOGo/
|
|
2. Sebelum login, bahasa yang akan digunakan dapat diganti terlebih dahulu (tidak wajib)
|
|
3. Masukkan **Nama Pengguna** dan **Sandi**, lalu tekan tombol masuk (**tanda panah**)
|
|
Jika menggunakan bahasa inggris, masukkan **Username** dan **Password**. Kemudian tekan tombol login (**tanda panah**)
|
|
4. Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini
|
|
|
|
|
|
## Mengganti Password
|
|
|
|
1. Pilih logo **Preferences** atau **Preferensi**
|
|
2. Pilih **General** lalu **Password**
|
|
Jika menggunakan Bahasa Indonesia, pilih Umum lalu Kata Sandi
|
|
3. Masukkan password lama, dan password baru (**minimal 8 karakter, harus berisi huruf kapital, simbol, dan angka**). Setelah itu tekan **Change** atau **Ubah**
|
|
|
|
* Dalam Bahasa Indonesia
|
|
* Dalam Bahasa Inggris
|
|
|
|
|
|
## Mengganti Bahasa
|
|
### Bahasa Inggris menjadi Bahasa Indonesia
|
|
|
|
1. Pilih **Preferences**
|
|
2. Pilih **General** lalu **General** lagi
|
|
3. Pada bagian **Language** pilih **Bahasa Indonesia**
|
|
4. Maka akan muncul pop up, warning untuk menyimpan preferensi dan memuat ulang halaman. Pilih **YES**
|
|
|
|
|
|
### Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Inggris
|
|
|
|
1. Pilih **Preferensi**
|
|
2. Pilih **Umum** lalu **Umum** lagi
|
|
3. Pada bagian **Bahasa** pilih **English**
|
|
4. Maka akan muncul pop up, peringatan untuk menyimpan preferensi dan memuat ulang halaman. Pilih **YA**
|
|
|
|
|
|
## Membaca Email
|
|
|
|
### Bahasa Indonesia
|
|
|
|
1. Apabila tampilan Sogo belum seperti gambar dibawah ini
|
|
Silahkan klik ikon ✉️ yang ada di sisi kanan atas
|
|
2. Klik dua kali pada email yang ingin dibaca
|
|
Klik dua kali pada email yang ingin dibaca
|
|
Keterangan:
|
|
|
|
Untuk menandai email sebagai pesan berbintang klik ikon berikut ini
|
|
|
|
Untuk membalas email klik ikon berikut ini
|
|
|
|
Untuk meneruskan email untuk dikirimkan kembali, klik ikon berikut ini
|
|
|
|
Untuk menghapus email klik ikon berikut ini
|
|
|
|
|
|
## Mengirim Email
|
|
|
|
### Bahasa Indonesia
|
|
1. Klik ikon dipojok kanan bawah seperti gambar yang berada didalam kotak berwarna merah
|
|
2. Klik ikon seperti yang ditunjuk oleh panah berwarna merah
|
|
|
|
Akan muncul sebuah tampilan seperti gambar berikut
|
|
|
|
3. Tulis alamat email yang dituju (pada kolom **To**)
|
|
4. Tulis subject atau judul email pada **Subject** (Tidak Wajib)
|
|
5. Setelah itu tulislah pesan yang ingin dikriim pada bagian dibawah ini
|
|
6. Jika ingin melampirkan file atau gambar maka pilih ikon dipojok kanan bawah seperti gambar berikut ini
|
|
7. Pilih dokumen yang akan dikirim, pilih open atau tekan dua kali pada filenya.
|
|
8. Klik ikon seperti pada kotak berwarna merah untuk mengirimkan email
|
|
9. Jika email sudah terkirim, maka akan ada di dalam menu **Sent**
|
|
|
|
|
|
## Menambah Kontak
|
|
|
|
1. Untuk masuk ke menu kontak, klik ikon seperti yang ditunjuk oleh panah
|
|
|
|
Akan muncul tampilan seperti gambar berikut
|
|
|
|
**Global Address Book** berisi alamat email seluruh PNS Kota Magelang yang sudah terdaftar.
|
|
|
|
## Address Book Baru
|
|
|
|
1. Untuk menambah grup baru, klik tanda + disebelah kanan tulisan **Address Books**
|
|
2. Tuliskan nama address book baru pada jendela yang muncul
|
|
3. Klik **Ok**
|
|
|
|
Jika address book baru berhasil dibuat, maka hasilnya akan seperti gambar berikut
|
|
|
|
4. Apabila ingin mengganti nama address book, klik tanda titik tiga seperti gambar dibawah ini
|
|
5. Pilih **Rename** kemudian ganti nama address book
|
|
|
|
Penggantian nama address book juga bisa dilakukan dengan klik dua kali pada nama address book
|
|
|
|
6. Jika ingin menghapus address book, ikuti langkah 4 lalu pilih **Delete**
|
|
|
|
## Kontak Baru
|
|
|
|
1. Untuk menambah kontak email baru klik ikon + yang ada pada sisi kanan bawah
|
|
2. Klik ikon yang ada didalam kotak merah
|
|
3. Setelah muncul tampilan seperti gambar berikut, isilah formulir sesuai dengan data kontak yang ingin ditambahkan.
|
|
4. Setelah pengisian data selesai, klik tombol ikon simpan yang ada di kanan atas
|
|
|
|
## Menu Kalender
|
|
### Menambahkan Kegiatan/ Event Pada Kalender
|
|
1. Pilih pada icon **Kalender**
|
|
2. Pilih **Buat sebuah acara baru** atau **Create a new event**
|
|
3. Isi data yang ada di formulir seperti **Judul** acara, **Lokasi**, **Deskripsi**, dan lain-lain. Jika ingin mendapatkan notifikasi, centang pada kotak berwarna merah.
|
|
4. Masukkan tanggal dan jam pelaksanaan kegiatan. Jika ingin mendapatkan reminder maka centang pada check box **Reminder**.
|
|
5. Setelah itu dapat memilih untuk **Show an alert** atau **Send an email**. Lalu tekan save untuk menyimpan.
|
|
6. Hasilnya muncul seperti dibawah ini kalender
|
|
|
|
### Menambahkan Tugas/ Task Pada Kalender
|
|
1. Pilih pada icon **Kalender**
|
|
2. Pilih **Buat sebuah acara baru** atau **Create a new event**
|
|
3. Isi data yang ada di formulir.
|
|
4. Setelah itu dapat memilih untuk **Show an alert** atau **Send an email**. Lalu tekan save untuk menyimpan.
|
|
5. Hasilnya muncul seperti dibawah ini kalender
|
|
|
|
|
|
## Logout
|
|
|
|
Untuk keluar dari halaman website **https://mail.magelangkota.go.id/SOGo** klik tombol **Disconnect ** atau **Putus Sambungan**
|
|
|
|
## Lupa Password
|
|
|
|
::: danger WARNING
|
|
Jika anda lupa password, silakan bawa identitas diri anda ke Diskominsta untuk reset password email anda.
|
|
::: |